Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Jumat, 23 Juni 2017 19:09

Penyaluran Pinjaman Uang Muka KPR Rp13,2 M Ditargetkan Jamsostek Wilayah VIII

Selasa, 17 Juli 2012 14:01
Suara · SolusiProperti
PT Jamsostek (Persero) Wilayah VIII Makassar kini menargetkan, penyaluran pinjaman uang muka kredit pemilikan rumah (KPR) untuk para peserta jamsostek Rp13,2 miliar dengan 264 unit rumah pada tahun ini.

“Dari target Rp13,2 miliar dengan 264 unit rumah tahun ini, per Juni 2012 kami baru merealisasikan pinjaman uang muka KPR Rp3,54 miliar dengan 173 unit rumah,” ujar Yoto, Rabu (11/7)kemarin. Adapun pinjaman uang muka KPR yang diberikan, ada yang Rp20 juta dan Rp50 juta.

Kepala Wilayah VIII Makassar PT Jamsostek Yoto Susiswo mengatakan, sejauh ini pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa pengembang dan pihak perbankan, terkait bantuan uang muka KPR tersebut.

Dia mengungkapkan, kebanyakan berkas yang dimasukkan oleh para peserta, tidak lolos ketika diverifikasi oleh pihak perbankan. Dia mencontohkan, dari 500 berkas peserta jamsostek yang dimasukkan ke perbankan untuk mendapatkan pinjaman uang muka KPR, yang lolos seleksi hanya 300 berkas.

“Berkas yang lainnya tidak lolos seleksi, oleh sistem verifikasi yang dilakukan pihak perbankan. Namun perbankan tidak memberitahukan alasan berkas-berkas tersebut tidak bisa lolos,” katanya.

Dia menambahkan, pinjaman uang muka KPR masuk dalam Program Dana Peningkatan Kesejahteraan Peserta (DPKP) Jamsostek, yaitu Rp20,38 miliar tahun ini. Dari total dana tersebut, per Juni 2012 baru terealisasi Rp5,78 miliar, yang Rp3,54 miliar diantaranya adalah realisasi uang muka KPR.

Sementara itu, hingga saat ini pihaknya masih menyimpan Rp296 juta dana jaminan hari tua (JHT), yang belum diambil peserta jamsostek yang sudah memasuki masa pensiun. Per akhir 2011 menurutnya, dana JHT yang masih tersimpan di Kanwil VIII Makassar mencapai Rp370 juta.

“Tetapi jumlah itu kini berkurang 20%, karena sudah dicairkan oleh peserta yang berhak atas dana JHT yang tersimpan itu,” ucapnya.

Dari total dana JHT yang belum dicairkan hingga saat ini, 70% milik peserta atau tenaga kerja di Makassar, 20% di Manado, dan 10% tersebar di daerah lain di wilayah VIII yang meliputi seluruh Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Dana JHT adalah dana pensiun milik para peserta jamsostek, yang bisa dicairkan setelah disimpan selama lima tahun satu bulan. Atau ketika peserta jamsostek sudah memasuki masa pensiun.

Masih banyak dana JHT yang hingga kini belum dicairkan para peserta paparnya, karena masih banyak peserta yang belum tahu, bahwa dana JHT bisa mereka cairkan setelah disimpan selama lima tahun satu bulan, atau ketika mereka sudah pensiun dari tempatnya bekerja.

Sejauh ini, pihaknya sudah memasang pengumuman di hampir semua kantor cabang Jamsostek terutama di wilayah VIII, yang isinya meminta para peserta segera mencairkan dana JHT yang merupakan hak mereka.

“Berbagai upaya sosialisasi sudah kami lakukan, salah satunya dengan membuat pengumuman di hampir semua kantor cabang. Agar para peserta yang sudah memasuki masa pensiun, atau dananya di Jamsostek sudah tersimpan selama lima tahun satu bulan, segera mencairkan JHTnya,” tegasnya.
Puji
Kampung Sawah, Jakarta
777777
pujiharyanto60@yahoo.com
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SolusiProperti dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SolusiProperti akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. SolusiProperti berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@SolusiProperti.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA