Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 21:10

Penyaluran KPR FLPP Masih Saja Menurun Belum Mengalami Kemajuan

Jumat, 10 Agustus 2012 16:35
Opini · SolusiProperti
Kementerian Perumahan Rakyat tidak menyakinkan, bahwa program kredit pemilikan rumah yang disalurkan melalui Fasilitas Pembiayaan Pembangunan Perumahan (KPR FLLP) kini belum mengalami kemajuan berarti. Fokus masalah yang masih dihadapi Kemenpera saat ini adalah semakin menurunnya jumlah akad kredit KPR FLPP tahun ini.

Pembiayaan yang disalurkan dari pihak perbankan untuk KPR skema FLPP ini pun masih kecil.

Seperti yang diketahui, jumlah KPR yang disalurkan melalui skema FLPP menurun dibandingkan tahun lalu. Pusat Pembiayaan Perumahan (PPP) menyatakan, tahun lalu permintaan KPR FLPP rata-rata 8 ribu per bulan, tapi kini hanya menjadi sekitar 2 ribu per bulan.

Penurunan tersebut terjadi salah satunya akibat permintaan konsumen tidak sebanding dengan pasokan yang ada, terutama untuk rumah tapak sejahtera dengan luas lantai 36 meter persegi. Padahal, tahun ini Kemenpera telah menurunkan suku bunga FLPP dari 8,5% menjadi 7,25%.

Karena pasokannya memang tidak ada dari pengembang perumahan sehingga suplai tidak memenuhi. Sebab, pengembang telah membangun yang di bawah 36.

Kurangnya pasokan tersebut memang akibat adanya perubahan peraturan soal besaran minimal luas rumah. Sebelumnya, pembiayaan FLPP boleh dipakai untuk rumah tipe 21, tetapi kemudian berubah menjadi minimal tipe 36 meter persegi.

Seperti diberitakan sebelumnya, tahun ini Kemenpera menargetkan pembiayaan perumahan bisa mencapai 189.166 unit dengan anggaran Rp 7,10 triliun. Kredit FLPP diberikan untuk dua tipe rumah, yakni rumah sejahtera tapak dan rumah sejahtera susun (rusunami). Hingga pertengahan 2012 ini, pembiayaan sudah disalurkan kepada 12.805 unit rumah senilai Rp 398,9 miliar.
Little Bear
Jatiasih, Bekasi
999999
meizhirait@yahoo.co.id
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SolusiProperti dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SolusiProperti akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. SolusiProperti berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@SolusiProperti.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA