Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Jumat, 23 Juni 2017 19:11

Larangan Untuk Kredit DP KPR Akan Segera Diterbitkan Bank Sentral

Selasa, 4 September 2012 09:59
Opini · SolusiProperti
Kini Bank Indonesia (BI) akan segera menerbitkan larangan pemberian Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk uang muka (down payment/DP) Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Penerbitan larangan itu kini menyusul adanya praktik bank yang memberikan KTA setelah BI mengeluarkan minimal DP KPR dan KKB.

Kebijakan untuk DP itu, kalau DP adalah bagi pemberian kredit sehat. Adanya partisipasi yang mau memberi kredit, tidak mungkin kredit tanpa DP, “ ujar Deputi Gubernur BI, Halim Alamsyah.

Karena alasan itu, BI akan memberi sanksi bagi bank yang mempraktekkan pemberian KTA untuk DP KPR dan KKB. Meskipun, Halim mengakui bank yang memberi KTA untuk DP tersebut hanya sedikit. “Ada (bank yang mempraktikkan KTA untuk DP), tapi tidak banyak.

Larangan pemberian DP untuk KPR dan KKB akan diterbitkan dalam Surat Edaran (SE). “Segera mungkin akan terbitkan dan berlaku untuk semua bank. Mereka akan mengecek bank yang tidak mengikuti aturan tersebut untuk memberi sanksi bagi pelanggar.

Aturan yang melarang pemberian KTA untuk DP, perlu dipertegas dalam SE. Meskipun, pemberian KTA untuk DP telah melanggar prosedur pemberian kredit. “Tanpa BI memberikan peringatan atau surat edaran, bank sudah melanggar ketentuan prosedur pemberian kredit yang prudent. Kami akan menegaskan kembali supaya tidak timbul, katakanlah debat kusir pada hal itu.

Sebelumnya, bank sentral telah menerbitkan aturan yang membatasi Loan to Value (LTV) KPR sebesar 70% untuk tipe rumah di atas 70 meter persegi. Artinya, minimal uang muka yang harus dibayar nasabah sebesar 30% dari total kredit. Dalam aturan BI, uang muka untuk KKB terbagi dalam tiga ketentuan, yakni 25% untuk kendaraan roda dua, 30% untuk roda empat nonproduktif, dan 20% untuk roda empat untuk keperluan produktif.
Tom
Pemuda, Jakarta Timur
696977
tom@yahoo.com
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SolusiProperti dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SolusiProperti akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. SolusiProperti berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@SolusiProperti.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA