Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Jumat, 23 Juni 2017 18:58

Pindah ke Mangga Dua, pedagang Glodok belum untung

Rabu, 16 April 2014 10:08
Suara · SolusiProperti
Salah satu pusat perbelanjaan barang elektronik Indonesia, Harco Glodok, sedang direnovasi. Sejauh ini, 300 penghuninya pindah ke lokasi baru, sama-sama di Jakarta Barat, yakni Mangga Dua Square.

Adanya perpindahan lokasi usaha diakui para pengusaha elektronik perlu usaha lebih keras untuk mencapai pendapatan setara dengan sebelumnya.

Salah satu pengusaha elektronik yang berpindah lokasi bisnis dari Harco Glodok ke Mangga Dua Square, Aher (26), mengaku baru menempati lokasi saat ini sejak 28 Februari 2014 lalu.

Aher mengaku masih belum mendapatkan pelanggan setara dengan lokasi semula. "Belum, transaksi paling baru Rp 2 juta, paling tinggi Rp 10 juta per hari. Elektronik paling murah Rp 100.000 sampai puluhan juta. Harapannya omzet bisa naik lah," kata Aher saat berbincang dengan merdeka.com , Sabtu (5/4).

Pengusaha elektronik lainnya, Edy (30), mengaku baru menempati Mangga Dua Square sekitar dua bulan. "Pendapatan lumayan lah, karena orang belum tahu. Di Harco kita sehari bisa Rp10-Rp20 juta sehari, di sini masih di bawah Rp 10 juta," ungkap Edy.

Meski demikian, Edy mengaku optimis pendapatannya di Mangga Dua Square bisa lebih tinggi ketimbang di Harco Glodok lantaran Mangga Dua Square memiliki bermacam alternatif belanja. "Kemungkinan income lebih tinggi dari Harco. Di sini kan pengunjung banyak macam-macam. Dari cari baju, nanti bisa cari elektronik.

Saat Harco Glodok selesai dibangun sekitar 3-4 tahun mendatang, Edy mengaku tidak akan meninggalkan Mangga Dua Square. "Tapi nanti kita harus beli lagi. Nanti kalau sudah jadi, sini (Mangga Dua Square) tetap, di sana (Harco Glodok) nanti kita beli lagi. Di sini kita sewa," tutur Edy.

Johnny (45) mengaku memiliki alasan lain pindah usaha dari tempat semula di Mall Mangga Dua ke Mangga Dua Square. Menurutnya, harga sewa yang jauh lebih tinggi di Mall Mangga Dua menjadi alasannya pindah tempat usaha.

"Harga sewa di Mangga Dua Mall terlalu tinggi. 50 persenan lah lebih mahal. Saya punya 8 kios di Mangga Dua Square. Service juga di sana (Mall Mangga Dua) lebih mahal juga hampir 50 persen," ujarnya.

Peningkatan pendapatan diakui bisa berasal dari sisi sewa dan biaya pelayanan yang lebih murah, selain juga dari jumlah pengunjung Mangga Dua Square. "Mulai Rp 300.000 sampai puluhan juta satu bulan (pendapatan di Mangga Dua Square)," tutupnya.

Di pusat belanja yang dikelola PT Agung Podomoro itu, pedagang dibebani biaya sewa per unit Rp 100.000-Rp 300.000 per meter persegi per bulan. Sedangkan penjualan hak milik senilai Rp 100 - Rp 500 juta per unit.
Endah Kurnia
Jl. Radio Dalam No.34, Jakarta
08561808469
k.endah72@yahoo.com
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SolusiProperti dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SolusiProperti akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. SolusiProperti berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@SolusiProperti.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA