Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 21:03

Kejutan Besar, Pasar Properti China Anjlok

Kamis, 17 April 2014 13:42
Suara · SolusiProperti
Kinerja buruk yang dialami pasar properti Singapura, juga terjadi di pasar properti China. Turbulens ditandai dengan anjloknya penjualan dan konstruksi hunian hingga 25 persen selama kuartal pertama 2014. Kondisi ini sebagai akibat dari perlambatan ekonomi dan pengetatan kredit.

Data Biro Statistik Nasional menunjukkan, harga jual hunian selama kuartal I 2014, melorot 7,7 persen menjadi 177 miliar dollar AS atau setara Rp 2.022 triliun ketimbang periode yang sama tahun lalu. Penurunan juga terjadi pada pembangunan hunian baru menjadi 291 juta meter persegi pada tiga bulan pertama tahun ini.

Demikian pula dengan kucuran kredit baru, merosot 19 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini menyebabkan ekspansi China melambat ke level terendahnya dalam enam kuartal pada periode Januari-Maret, menambah risiko kehilangan target pertumbuhan tahunan sekitar 7,5 persen.

"Penurunan besar dalam pembangunan properti baru adalah kejutan dan itu menunjukkan bahwa pengembang, sebagian besar bukan perusahaan publik, prihatin tentang prospek pasar properti dan menunda pembangunan rumah. Kredit diperketat menyebabkan uang mengalir sedikit, adalah alasan utama penjualan melemah," ujar analis properti Credit Suisse Group AG, Jinsong Du.

Analis Morgan Stanley, Brian Leung, memprediksi pasar properti China akan memburuk dalam beberapa bulan mendatang seiring kinerja negatif tingkat penjualan dan pertumbuhan harga yang dibukukan pengembang. Tingkat penjualan mereka turun 5,7 persen pada kuartal pertama menjadi 178,3 juta meter persegi dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Guna mengatasi situasi tidak semakin memburuk, Perdana Menteri China, Le Keqiang, berencana merevisi pengetatan properti nasional. Pihaknya akan mengatur pasar perumahan secara berbeda dengan memperhitungkan kondisi lokal, di masing-masing kota.
Endah Kurnia
Jl. Radio Dalam No.34, Jakarta
08561808469
k.endah72@yahoo.com
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SolusiProperti dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SolusiProperti akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. SolusiProperti berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@SolusiProperti.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA