Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 21:05

Kesulitan dengan Titanium Apartment dan Bank Tabungan Negara

Senin, 21 April 2014 08:56
Suara · SolusiProperti
Saya membeli 1 unit apartemen Titanium Square di daerah Cijantung Jakarta Timur dengan pengembang PT Titanium Property dengan cara kredit 5 tahun di BTN cabang Harmoni. Kondisi apartemen sedang tahap pembangunan. Di PPJB tercantum jadwal selesai pembangunan bulan Januari 2014 dan jadwal serah terima bulan April 2014 (sampai surat ini dibuat, bangunan belum juga selesai). Karena satu dan lain hal, saya bermaksud menjual unit apartemen saya. Sejumlah peminat sudah saya dapatkan dari yang ingin membayar tunai (melunasi sisa hutang saya di BTN) dan ada juga yang ingin overkredit.

1. Masalah mulai muncul saat saya ingin melunasi sisa kredit saya di Bank. Karena saya mendapatkan bunga promo selama 2 tahun, maka dijelaskan oleh BTN SECARA LISAN pada saat saya telepon bahwa penalty pelunasan adalah 5% untuk 2 tahun pertama dan 4% untuk tahun ke 3. Hal ini mengagetkan saya karena tidak pernah diinformasikan sebelumnya dan tidak tercantum pada PPJB yang di sah kan notaris. Yang tercantum yaitu pelunasan dipercepat terkena penalty 1% dari sisa kredit. Bagaimana mungkin bank sebesar BTN menerapkan penalty yang tidak jelas dan berubah tanpa keterangan tertulis dan hanya diutarakan secara lisan ? Hal ini tidak dapat saya terima. Bila overkredit, menurut BTN tidak bisa dilakukan karena sertifikatnya belum jadi.

2. Masalah juga muncul dengan pihak Pengembang. Karena staf pihak Pengembang mengutarakan bahwa kasus ingin menjual unit ini baru terjadi pada saya, staf pengembang tidak tahu harus bagaimana, dan minta waktu untuk konsultasi dengan Legal Pengembang dan BTN. Bahkan staf sales nya pun terkesan lepas tangan dan menyerahkan masalah saya sepenuhnya ke bagian administrasi. Karena tidak juga mendapat jawaban pasti, saya utarakan kalau saya ingin bertemu dengan pimpinan nya langsung untuk mendapatkan solusi. Tetapi itu pun tidak juga dipertemukan.

Sesungguhnya, pengalihan hak yang tercantum di PPJB dapat dilakukan dengan penalty sebesar Rp. 1.000.000,- bila pengalihan dilakukan sebelum 12 bulan sejak PPJB ditandatangani ( 30 Mei 2013). Bila lewat dari 12 bulan, maka penalty nya 5% dari harga jual unit. Apakah memang sengaja mengulur waktu ? Saya sendiri tidak tahu. Saya di pingpong kesana kemari. Bila saya tanya ke Pengembang dijawab akan tanya BTN dulu.

Bila saya tanya BTN dijawab akan tanya dulu ke Pengembang. Kepada Pengembang dan BTN, mohon saya diberikan solusi secepatnya karena hal ini belum selesai sudah saya sampaikan sejak awal Maret 2014 dan pada akhirnya merugikan saya sebagai pembeli dan nasabah. Semoga pengalaman saya ini dapat menjadi masukan bagi konsumen Apartemen Titanium yang lain. Terima kasih.
Sekar Puspitasari
Komplek Timah no. G-8 Pangkalan Jati Baru, , Cinere
08561808xxx
k.endah72@yahoo.com
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SolusiProperti dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SolusiProperti akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. SolusiProperti berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@SolusiProperti.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA