Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Games   Iklan Baris Hari ini: Jumat, 23 Juni 2017 18:58

Kecewa dengan Kinerja Manajemen Jaya Real Property

Rabu, 6 Agustus 2014 16:44
Suara · SolusiProperti
Saya salah satu konsumen dari Jaya Real Property (JRP) yang merasa kecewa dan dirugikan dengan kinerja dan pelayanan dari pihak JRP. Juli 2012, saya resmi tandatangan pembelian 1 unit rumah di Graha Raya Bintaro - Fortune Breeze. Dalam PPJB dicantumkan bahwa pihak Graha Raya (JRP) berjanji akan menyelesaikan rumah dalam kurun waktu 18 bulan (jadwal serah terima seharusnya Desember 2013). Dan apabila pengembang tidak bias memenuhi kewajibannya, maka konsumen akan mendapat kompensasi denda keterlambatan serah terima.

Desember 2013, rumah saya belum selesai. Februari 2014, Jaya mengirim surat resmi pemberitahuan atas keterlambatan serah terima. Maret 2014, Jaya mengirimkan surat pemberitahuan bahwa rumah saya siap untuk diserah terimakan. Sewaktu saya cek, saya mendapatkan bahwa terdapat kerusakan dan kebocoran di beberapa titik rumah. Saya lalu mengajukan klaim perbaikan terhadap titik2 yang bermasalah.

Dan untuk hal ini, saya diminta membuat surat resmi beserta foto titik-titik rumah yang ingin saya klaim dan disampaikan ke purna jual. April 2014, setelah beberapa minggu follow-up akhirnya saya mengadakan perjanjian untuk serah terima dengan pihak purna jual. Itupun dengan kondisi checklist rumah yang belum lengkap dan penyerahan dokumen yang juga tidak lengkap (saya tidak diberikan blue print dan kunci sisa sehingga saya harus bebrapa kali follow-up dan bolak balik kantor purna jual untuk hal ini).

Sekaligus saya saat itu saya mau mengurus klaim kompensasi keterlambatan serah terima. Saya penuhi syarat-syarat dan surat2 yang mereka minta termasuk menyediakan kwitansi kosong dan materai (saya heran kenapa perusahaan sebesar JRP, untuk urusan kwitansi kosong dan materai harus konsumen juga yang menyediakan. Padahal yang diperjual belikan adalah rumah yang harganya ratusan juta; bahkan milyaran).

Okelah, untuk kelancaran saya penuhi semua syarat yang mereka ajukan tanpa komplain sedikitpun meskipun dalam pelaksanaannya, ternyata ada salah satu syarat yang mereka ajukan yakni fotokopi “SPP” yang bahkan saya tidak tahu apa. Ternyata SPP adalah Surat Persetujuan Pembelian yang seharusnya sudah saya dapatkan pada saat tanda tangan akad di Juli 2012. Akhirnya kembali saya harus mem-follow-up bagian Marketing, “sendiri”. Mei 2014, Saya follow-up mengenai status klaim keterlambatan saya.

Ternyata klaim saya ditunda dengan alasan sekarang harus buat surat pernyataan via email ditujukan ke Manajemen Graha Raya. Oke, saya penuhi kembali walaupun diawal saya sudah buat surat konsumen yang isinya kurang lebih sama dengan surat pernyataan via email (salah satu persyaratan klaim). Juni 2014, Saya kembali follow-up karena dijanjikan bahwa kompensasi akan turun sekitar 1-2 bulan. Dan kali ini saya berbicara langsung dengan Pak Rio (Manager puna jual).

Dalam hal ini, pak Rio mencoba bernegosiasi. Oke saya kembali mengalah. Kompensasi yang saya dapatkan seharusnya 2% (karena terlambat 4 bulan) dan saya bersedia dipotong menjadi 1,5%(menjadi 3 bulan). Juli 2014, Saya kembali follow-up. Dan diberikan nomor telepon langsung ke pihak JRP pusat (0217458888) untuk menanyakan langsung status klaim saya kepada bagian kasir/keuangan.

Karena Manajemen Graha Raya mengatakan mereka sudah memproses sumuanya dengan nomor : 25/BP/0614/000019. Berkali-kali saya coba menghubungi pihak keuangan JRP pusat (ibu Nina/Ruri ext. 5012/5023) dan berkali- kali pula gagal karena tidak diangkat/dialihkan. Saya dapat info dari operator bahwa pihak keungan memang jarang ditempat dan sulit dihubungi jadi saya harus sering-sering coba (pernyataan macam apa itu!).

Sampai hari ini, 5 Agustus 2014, tidak ada pemberitahuan apapun dari pihak JRP mengenai status klaim saya. Oleh karena itu, saya inisiatif menulis surat pembaca ini. Sangat disayangkan kinerja dari JRP sebuah developer besar yang kinerja manajemennya sangat tidak professional. Saya sudah cukup sabar dan merasa kecewa dan dirugikan dari segi waktu dan uang. Sudah 4 bulan sejak klaim pertama kali saya ajukan.

Tapi sampai sekarang tanpa tanggapan dan follow-up. Saya juga terpaksa harus mengeluarkan uang untuk memperpanjang kontrakan rumah saya karena keterlambatan serah terima yang tidak bisa dipenuhi oleh pihak JRP dan sudah seharusnya JRP memenuhi janjinya terhadap kompensasi keterlambatan. Saya tunggu responnya.
Andy Hartanto
Jl. Gudang Areng 2/BB 2/22 RT 07/12 Tanah Sereal Tambora, Jakarta
08121212xxx
doditdedot@yahoo.com
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full

Kirim tanggapan Anda

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan SolusiProperti dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. SolusiProperti akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. SolusiProperti berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mobile

E-Mail

Komentar
Redaksi: redaksi@SolusiProperti.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Fransisca Ingrid di 0818-0891-3342 · sisca@mustangcorps.com · Blackberry: 22918E5B
Dini Magaski di 0818-0842-1246 · dini@mustangcorps.com · Blackberry: 224CB655

SUARA SEBELUMNYA

OPINI SEBELUMNYA

FOTO SEBELUMNYA

VIDEO SEBELUMNYA